CUCI OTAK

Kamis, 12 Januari 2012

CEWEK ITU HARUS DIHARGAI...!!!

Posted by Rastaman Aswajais Palengaan 22.56, under | No comments

Prolog

Tulisan ini terinspirasi dari sikap seorang temen yang selalu ngebentak-bentak srtiap cewek yang pernah dia pacarin. Temenku ini emang sedikit Play Boy. Dan parahnya lagi, dia nganggep cewek itu harus "digituin" biar nggak suka ngelawan. Nah, maka dari itu, lahirlah tulisan ini.

Selamat membaca.

Meninjau Kembali Emansipasinya Wanita Indonesia

Oke, sekarang kita ngomongin soal emansipasi wanita.

Kalo kita mau ngomongin soal emansipasi wanita di Indonesia, kita gak boleh ninggalin tokoh emansipasi wanita yang satu ini, nih.

Tau, gak siapa tokoh emansipasi wanita di Indonesia? Kalo kalian jawab R.A Kartini, jawabannya seratus koma sembilan puluh sembilan persen bener. Tapi jangan salah, meskipun Kartini menjadi tokoh utama dalam emansipasi wanita, bukan berarti emansipasi yang sering disalah artiin ama sementara wanita di Indonesia. Kalo mereka (mayoritas wanita Indonesia) khan ngartiin emansipasi dengan kesetaraan antara kaum Adam ama kaum Hawa dalam segala hal dan kebebasan penuh untuk wanita dalam ngelakuin apa aja yang mereka mau, bahkan ada yang sampe gak merhatiin kodrat mereka sebagai perempuan. Tapi sebenernya persepsi itu, kalo kita ngeliat sejarah perjuangan Kartini, salah banget. Kartini memperjuangkan emansipasi wanita untuk ngebalikin fitrah wanita Indonesia. Fitrah wanita khan, mencetak generasi yang cerdas, jadi menurut Kartini, jika pengen mencetak generasi yang cerdas, kaum wanitanya juga harus cerdas dan gak boleh direndahin. Kenapa wanita dibilang pencetak generasi yang cerdas? Khan ada sebuah maqolah, “Seorang ibu adalah sekolah yang pertama (utama).”

Dulu khan pada masa imperialisme Belanda, kaum Hawa derajatnya tuh rendah banget: wanita gak boleh dapet pendidikan kaya kaum Adam, wanita gak boleh ngapa-ngapain kecuali urusan di dapur, sumur dan kasur juga urusan keluarga. Nah, itu yang dijuangin abis-abisan ama Kartini. Kartini berjuang biar para wanita Indonesia juga sama-sama dapet pendidikan kaya laki-laki dan ngebalikin harkat dan martabat wanita seperti dalam ajaran Islam. Jadi bukan emansipasi yang bebas ngelakuin apa aja yang wanita mau. Nah lho...!!! Kebayang, gak kaya apa jadinya negara ini kalo wanitanya udah begitu?! Mungkin hadits nabi ini yang bakalan ngejawabnya, “Wanita adalah pangkal segala bahaya (kerusakan).”

Kartini dulu pernah nulis surat ke temennya yang namanya Ross Abendanon, dia orang Belanda. Dalam surat yang ditulis ama Kartini ke temennya ini, kartini minta supaya Ross ikut ngebantu perjuangan Kartini biar para wanita di Indonesia sama-sama dapet pendidikan kaya laki-laki pada masa imperialisme Belanda pada masa itu.

Sebenernya selama ini ada distorsi sejarah tentang perjuangan Kartini dalam hal emansipasi wanita. Kalo kalian pengen tau, Kartini tuh dulu pernah minta ama ustadznya untuk diterjemahin Al-Quran ke bahasa Jawa. Tujuannya kalian tau, gak? Tujuannya, Kartini ingin mempelajari kedudukan wanita dalam agama Islam. Nah, dari situ kemudian Kartini faham kalo Islam itu sangat memuliakan wanita. Setelah Kartini faham tentang hal itu, kemudian Kartini berputar haluan. Kaya kapal aja, berputar haluan. Kalo yang dulunya Kartini sangat mengagungkan kebudayaan Barat (yang pada masa itu diwakili oleh Belanda) dan cara berpakean para wanitanya, kemudian beliau mengatakan kalo kebudayaan Barat itu gak pantes disebut sebagai kebudayaan. Kenapa? Karena menurut kartini, orang-orang Barat tidak menghargai wanita. Buktinya, wanita-wanita Barat pakeannya yang begituan.

Kalian tau khan kalo Kartini itu meninggal di usia muda? So, Kartini gak tuntas belajar agamanya ama ustadznya itu. Jadi kalo seandainya Kartini liat kondisi wanita Indonesia yang sekarang ini, mungkin beliau bakalan sakit hati perjuangannya disalah artiin. Kasian ya Kartini...???!!! Allhummaghfirlaha warhamha wa ‘afiha wa’fu ‘anha.

GAK ADA PERBEDAAN GENDER DALAM ISLAM
Kedudukan Wanita Dalam Islam

Tadi kita udah ngelurusin masalah emansipasi wanita yang dijuangin ama R.A Kartini. Sekarang kita ngomongin soal kedudukan wanita yang sebenernya dalam perspektif Islam.

Dalam Islam, wanita mendapatkan kedudukan yang amat tinggi. Buktinya, dalam Al-Quran gak ada surat Ar-Rijal (yang artinya laki-laki). Yang ada surat An-Nisa’ (yang artinya wanita) doang, khan? Itu artinya kitab suci kita menjunjung tinggi banget kedudukan wanita. Masuk akal, khan?

Dalam bukunya yang berjudul Wawasan Al-Quran, Quraisy Shihab nyeritain panjang lebar soal kedudukan wanita di beberapa peradaban di muka bumi ini.

Kita mulai dari Yunani. Di negaranya Hercules ini, wanita di kalangan elitenya disekap di istana-istana. Dan di kalangan bawahnya, nasib kaum Hawanya menyedihkan banget. Coba bayangin! Para wanita diperjual belikan, sedangkan yang udah berumah tangga sepenuhnya berada dibawah kekuasaan suaminya. Mereka gak punya hak-hak sipil, bahkan hak warispun gak ada. Pada puncak peradabannya, wanita Yunani diberi kebebasan sedemikian rupa untuk menuhin kebutuhan ama selera laki-laki. Emangnya makanan, selera?! Hubungan seksual yang bebas gak mereka anggep ngelanggar kesopanan, tempat-tempat pelacuran mereka jadiin pusat kegiatan politik ama sastra -garis miring- seni. Patung-patung telanjang yang ada di negara-negara Barat itu bukti ato sisa peradaban mereka. Ada yang lebih lucu lagi nih. Menurut pandangan mereka, dewa-dewa melakukan hubungan gelap (mati lampu kali ya...?) ama rakyat bawahan, dan dari hubungan gelap itu lahirlah “Dewi Cinta” yang terkenal dalam peradaban negeri yang terkenal ama tokoh filosof-filosofnya kaya Socrates, Discartes, Zeno, Arestoteles de el el. Pokoknya banyak banget deh!

Capek abis jalan-jalan di Yunani, sekarang kita ke Romawi. Dalam peradaban Romawi, wanita sepenuhnya berada di bawah kekuasaan ayahnya. Setelah kawin, kekuasaan itu pindah ke tangan suaminya. Dan sadisnya lagi, kekuasaan itu mencakup kewenangan ngejual, ngusir, nganiaya, ngebunuh juga. ‘En keadaan ini berlangsung terus sampe abad ke-6 masehi lho. Semua hasil usaha wanita menjadi hak milik keluarganya yang laki-laki. Pada zaman Kaisar Konstantine terjadi sedikit perubahan yaitu dengan diundangkannya hak kepemilikan terbatas buat para wanita, dengan catatan setiap transaksinya harus disetujuin ama keluarganya (suami ato ayah).

Abis dari Roma sekarang kita istirah di Cina dulu sambil ngelirik sedikit peradaban negeri Tirai Bambu ini, khususnya soal wanita. Oh iya, Agama Hindu pandangannya soal wanita dulu gak jauh beda ama yang di Cina lho.

Menurut peradaban Hindu dan di negeri komunis, Cina, hak hidup seorang wanita yang bersuami harus berakhir pada saat kematian suaminya: istri harus dibakar hidup-hidup pada saat mayat suaminya dibakar. Dan peradaban ini baru berakhir pada abad ke-17 masehi. Pernah nonton roman sejarahnya Angling Dharma, khan? Nah kaya itu maksudnya. Wanita pada masyarakat Hindu ketika itu sering dijadiin sesajen bagi apa yang mereka namain dewa-dewa. Petuah sejarah kuno mereka bilang bahwa “Racun, ular dan api gak lebih jahat kalo dibandingin ama wanita.” Ngelecehin banget ya? Sementara dalam petuah Cina kuno diajarin, “kamu boleh dengerin omongan wanita, tapi jangan sampe mempercayai kebenerannya.” Waduh... yang ini malah gak kalah ngelecehinnya.

Masih dari buku yang sama ‘en pengarang yang sama, Quraisy Shihab maparin soal kedudukan wanita dalam ajaran Yahudi. Dalam ajaran Yahudi, martabat wanita sama kaya pembantu. Ayah berhak buat ngejual anak ceweknya, kalo ia gak punya sodokur alias saudara laki-laki. Kaya dagangan aja diperjual-belikan! Ajaran mereka nganggep wanita itu sebagai sumber laknat, karena dialah yang nyebabin Adam diusir dari surga. Padahal yang nyebabin Adam terusir dari surga khan setan la’natullahi ‘alaihi.

Dalam pandangan sementara pemuka/pengamat Nasrani ditemukan kalo wanita adalah senjata iblis untuk nyesatin manusia. Pada abad ke-15 masehi deselenggarakan suatu konsili yang ngebahas apakah wanita punya ruh apa gak. Akhirnya mereka nyimpulin kalo wanita gak punya ruh yang suci. Bahkan, yang lebih parah lagi, pada abad ke-6 masehi diselenggarain suatu pertemuan untuk ngebahas apa wanita itu manusi apa bukan. T’rus, kalo wanita bukan manusia, berarti mereka bukan anak manusia dong? Gak pake otak kali ya mereka mikirnya? Dari pembahasan itu disimpulin kalo wanita adalah manusia yang diciptain semata-mata buat ngelayanin laki-laki doang. Masya Allah! Sepanjang abad pertengahan, bahkan sampe tahun 1805 perundang-undangan Inggris ngakuin hak suami buat ngejual istrinya, dan sampe tahun 1882 wanita Inggris belum lagi punya hak pemilikan harta benda secara penuh, dan hak menuntut ke pengadilan. Diskriminatif banget ya mereka?

Ketika Elizabeth Blackwill –yang merupakan dokter wanita pertama di dunia- nyelesein studinya di Geneve University pada tahun 1819, teman-temannya yang tinggal ama dia ngeboikot dia dengan dalih kalo wanita gak wajar ngedapetin pelajaran. Bahkan ketika sementara dokter bermaksud mendirikan Institut Kedokteran buat wanita di Philadelphia, Amerika Serikat, Ikatan Dokter setempat ngancem untuk ngeboikot semua dokter yang bersedia ngajar di sana. Padahal dalam Islam nyari ilmu itu diwajibin ke semua pemeluk Islam, baik itu laki-laki ato juga wanita, “Mencari ilmu diwajibkan bagi umat Islam laki-laki dan umat islam perempua.”

Kaya itu, sobat akhwat, keadaan wanita yang diceritain panjang lebar di beberapa peradaban di muka bumi ini ama pengarang buku best seller Membumikan Al-Quran, Prof. DR. M. Quraisy Shihab, MA. dalam bukunya yang judulnya Wawasan Al-Quran.

Selain Quraisy Shihab, eM. Sya-Dewa juga ngomongin soal wanita dalam bukunya yang berjudul Wanita Makhluk Penuh Pesona.

Dalam bukunya itu, eM. Sya-Dewa nyeritain keadaan wanita pada pra-islamic era alias masa jahiliayah (pra-610 M), sebelum Rasulullah saw. diutus ke muka bumi, derajat wanita hina banget. Wanita hanya dijadiin pemuas nafsu doang. Jika sang suami mati, maka para istri diwarisin ke anggota keluarga lainnya. Mereka juga diperjual-belikan, dijadiin barang dagangan, bahkan mereka dianggap kaya roh jahat. Ketika mereka brojol alias ngelahirin, mereka dianggap sebagai aib yang malu-maluin keluarga.

Muhamad saw. diutus untuk ngerubah tradisi ini ‘en ngangkat derajatnya wanita setara ama laki-laki (dengan tetep gak ngelupain kodratnya sebagai wanita). Islam dateng ke dunia ngasih angin seger bagi para wanita, karena Islam ngebalikin kehormatan, harga diri ‘en hak-hak kaum Hawa pada setiap masa hidupnya; mulai dari masa kanak-kanak yang gak dibolehin untuk dibunuh ‘en gak dianggep roh jahat; masa muda yang gak boleh dijadiin pemuas nafsu doang; dewasa gak boleh dijual-belikan; ‘en masa tua yang gak boleh diinjak-injak kehormatannya. Yang begini ini artinya Islam ngangkat derajat wanita ke tingkat yang istimewa banget. Islam juga nganjurin kaum pria untuk memperlakuin wanita dengan penuh kelembutan dan kasih sayang. Rasulullah saw. bersabda: “Perlakukanlah kaum wanita dengan baik.”

Walhasil, dalam pandangan Islam, wanita sama aja ama laki-laki. Sehingga gak perlu dan gak bener kalo ada istilah emansipasi wanita, karena emansipasi itu dibutuhin kalo gak ada kesetaraan. Sementara dalam Islam, kesetaraan laki-laki ama perempuan diakuin langsung ama Nabi Muhammad saw. Namun satu hal yang harus dicatet, meskipun udah sederajat ama laki-laki, hak kaum Hawa ama kaum Adam tetep mempunyai perbedaan secara fitrah. Wanita selamanya gak bisa jadi laki-laki dan ngerebut haknya, begitu juga sebaliknya. Allah swt. berfiman: “Dan janganlah kamu iri hati terhadap apa yang dikaruniakan Allah kepada sebahagian kamu lebih banyak dari sebahagian yang lain. (karena) bagi orang laki-laki ada bahagian dari pada apa yang mereka usahakan, dan bagi para wanita (pun) ada bahagian dari apa yang mereka usahakan, dan mohonlah kepada Allah sebagian dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui segala sesuatu.” (An-Nisa’:32).

Yang dari tadi itu menurut eM. Sya-Dewa, yang intinya Islam gak ngebeda-bedain gender. Tapi meskipun Islam demikian, ada juga lho orang Islam yang masih nganggep derajat laki-laki lebih unggul dalam ajaran Islam. Mereka jadiin ayat ini sebagai penguat argumentasinya, “Bagi laki-laki (suami) terhadap mereka (wanita/istri) satu derajat lebih tinggi.” (Q.S. Al-Baqarah: 228).

Dalam nafsirin ayat ini, Quraisy Shihab make surat An-Nisa’ ayat ke 34, yang artinya “lelaki (suami) adalah pemimpin terhadap perempuan (istri).” Jadi, ayat ini gak bisa dipake buat mendiskreditkan wanita secara universal, karena ayat ini diturunin ama Allah khusus buat para wanita ato laki-laki yang udah berumah ama tangganya juga, he... he... maksudnya rumah tangga.

Ada juga ayat lain yang biasa dipake juga ama orang-orang yang ngakunya Islam taat buat mendiskreditkan mahluk “halus” yang bernama wanita. Maksudnya, halus kulitnya... he... he... Nih ayatnya, “Kaum laki-laki itu adalah pemimpin bagi kaum wanita...” (Q.S. An-Nisa’: 34).

Asal kalian tau ya, sebagian mufassir (ulama ahli tafsir) nafsirin kata qawwamuna (pemimpin) dalam ayat itu dengan: penguat, pembantu dan masih banyak lagi penafsiran yang intinya menginterpretasikan kata itu dengan arti selain pemimpin.

Oke... sekarang kita lawan (kok lawan, emangnya gulat?) pendapat-pendapat yang ngerendahin wanita dengan make dasar yang sumbernya dari pokok ajaran kita yaitu Al-Quran ‘en hadits nabi.

Nih ada satu ayat yang bisa dipake buat nyanggah itu pendapat. Nih ayatnya, “Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu.” (Al-Hujurat: 13).

Dalam ayat itu udah jelas banget kalo yang paling takwalah yang paling mulia di sisi Allah. Dengan kata lain, cewek juga bisa ngedapetin posisi yang tinggi di sisi Allah kalo dia bertakwa. Lagian yang berhak nentuin tinggi ato rendahnya derajatnya manusia itu khan cuma Allah doang. Khan Allah Yang Maha Tau segala sesuatunya, karena Dia yang nyiptain manusia.

Sekarang kita buka lagi bukunya Quraisy Shihab yang judulnya Wawasan Al-Quran. Menurut pendapat beliau, sebagian banyak teks keagamaan ngedukung pendapat yang nekanin persamman unsur kejadian Adam dan Hawa, dan persamaan kedudukannya. Beliau pake ayat ini nih buat nguatin pendapatnya, “Dan Sesungguhnya Telah kami muliakan anak-anak Adam, kami angkut mereka di daratan dan di lautan, kami beri mereka rezki dari yang baik-baik dan kami lebihkan mereka dengan kelebihan yang Sempurna atas kebanyakan makhluk yang Telah kami ciptakan.” (Q.S. Al-Isra’: 70).

Tentu, masih menurut Quraisy Shihab, kalimat anak-anak Adam mencakup laki-laki ama perempuan. Demikian juga penghormatan Tuhan yang diberikan-Nya itu mencakup anak-anak Adam seluruhnya, baik perempuan ato laki-laki. Pemahaman ini dipertegas lagi oleh ayat, “Sebagian kamu adalah bagian dari sebagian yang lain.” (Q.S. Ali Imran: 195).

Dalam sebuah hadits nabi bersabda: “Sesungguhnya perempuan itu laksana saudara kandung laki-laki.” (H.R. Ahmad dan Abu Daud dan Turmudzi).

Ada juga hadits lain yang ngejelasin kesamaan antara laki-laki ama perempuan: “Manusia itu sama dan setara laksana gigi sisir.”

Kata saudara kandung dalam hadits itu, tentunya sebagaiman kita memperlakukan saudara kandung kita sendiri. Kita gak mau khan kalo saudara kandung kita direndahin ama orang lain? Selain itu kata manusia, pastinya juga mencapkup laki-laki ama perempuan juga.

Jadi kalo masih ada orang yang ngaku-ngaku Islam tapi masih ngerendahin wanita, maka orang itu gak ada bedanya ama tokoh penghambaan Yunani, Aristoteles (384-322 SM) yang ngebagi eksistensi dalam masyarakat jadi dua bagian yaitu manusia dan sesuatu. Golongan yang kedua ini adalah kaum budak, perempuan dan binatang yang diciptain untuk ngelakuin pekerjaan yang sifatnya fisik sesuai dengan kodratnya. Sedangkan perempuan, diciptain buat ngelahirin ama ngejaga keturunan. Wah!!! parah banget Aristoteles, masa wanita disamain ama binatang?!

Meskipun itu adalah pendapatnya Aristoteles, tapi gak sedikit umat Islam yang ngadopsi pendapatnya itu. Anak kali, di adopsi! Mereka ngurung wanita di dalem rumahnya. Pokoknya, biar lebih jelas, dipingit gitu dech...

Dalam surat An-Nisa’: 34 Allah berfirman yang berbunyi, “...bima fadldlolallahu ba’dlohum ‘ala ba’dlin (...oleh karena Allah telah melebihkan sebahagian mereka (laki-laki) atas sebahagian yang lain (wanita)...)” (Q.S An-Nisa’ : 34).

Menurut Ali As-Shobouni dalam karangannya yang berjudul Rowai’ul Bayan: seandainya Allah make kata bima fadldlolallau ‘alaihinna ato bitafdlilihim ‘alaihinna (keduanya make kata ganti orang ketiga jamak untuk perempuan) pastinya ayat itu bakalan lebih singkat dan ringkas, tapi Allah make bima fadldlolallahu ba’dlohum ‘ala ba’dlin (tanpa kata ganti orang ketiga jamak untuk perempuan) karena ada hikmah yang cukup besar, yaitu Allah nunjukin kalo wanita merupakan bagian dari laki-laki sebagaimana anggota badan yang saling melengkapi. Laki-laki ibarat kepala sedangkan wanita ibarat badan. Jadi seyogianya kepala gak ngerasa bangga jika dibandingin ama anggota badan yang lain, karena anggota badan yang satu dengan yang lainnya saling melengkapi.

Sayidatina Aisyah adalah istri Rasulullah yang banyak ngeriwayatin hadits, yang tentunya karena beliau tiap harinya bergelut ama sumber hadits, Muhamad saw. Jadi kalo soal agama, gak usah ditanya deh! Beliau ahlinya.

Diceritain kalo Sayidatina Aisyah pernah ikut juga dalam perang Badar ama perang Uhud. Wuih... hebat banget ya...??? Sekarang pertanyaannya, kalo emang Islam ngebeda-bedain gender dan diharusin memingit wanita, tentunya Rasulullah bakalan ngelarang Aisyah dalam partisipasinya pada salah peperangan terbesar dalam sejarah perjuangan agama Islam itu.

Hos... Hos... Hos... Capek juga pagi-pagi ceramah.

Jama'aaaahhhh.... oh jamaaahhhh.... alhamdu.... (li-Llah)

0 komentar:

Posting Komentar